Bicara soal TV Beberapa orang tua menganggap tayangan TV tidak begitu bermanfaat buat si buah hati sampai-sampai mereka melarang anak-anaknya untuk nonton TV. Padahal anakpun butuh hiburan untuk mengatasi kebosanannya sendiri. Sampai-sampai beberapa orangtua meniadakan TV dirumah agar anak-anaknya tidak usah mengenal tayangan yang menurut mereka tidak bagus untuk sibuah hati. Padahal seperti yang kita tau semua sekarang sudah ada tayangan TV khusus untuk sibuah hati.

Bicara soal TV saya punya pengalaman sendiri dengan ponakan saya Arkan. Arkan sangat suka nonton TV, Hampir setiap hari dia selalu menyempatkan untuk menonton TV dirumah. Dari nonton TV ternyata banyak kebiasaan baru yang dicontoh oleh Arkan. Salah satu contohnya tentang waktu makanan. Awalnya sulit sekali menyuruh Arkan untuk makan ayam atau sayur-sayuran. dia lebih suka makan-makanan instan dan tidak sehat. Begitu menonton tayangan upin dan ipin sedikit demi sedikit arkan mulai makan sayur dengan alasan awal mau mencontoh Upin dan Ipin.

Jadi, bukan cuma kejelekan yang didapatkan dari menonton tayangan TV tapi banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk si buah hati yang jelas memilih tayangan yang sesuai dengan umurnya. Walaupun saya sendiri belum menikah dan belum punya anak tapi pengalaman menjaga Arkan cukup memberikan pengetahuan dan pengalaman sendiri soal anak-anak. Nah karena itu saya mau berbagi tips singkat tentang Nonton TV untuk sibuah hati.

Tipsnya:

1. Memilih tayangan yang sesuai umur si buah hati.

2. Biasakan menemani si buah hati ketika menonton TV karena biasanya mereka akan bertanya tentang hal-hal yang tidak dia diketahui dalam tayangan TV.

3. Berikan penjelasan tentang tayangan TV yang ditonton sebelumnya agar si buah hati bisa mengambil contoh-contoh yang baik dalam tayangan tersebut.

4. Berikan Waktu nonton TV untuk Buah Hati agar mereka bisa melakukan hal-hal positif lainnya untuk mengembangkan pola pikirnya.

 

Jadi? masih mau melarang anak kita nonton TV? ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *