14146444915981_1024x1492

Film Pendekar Tongkat Emas yang diproduksi Miles Film menjadi film Indonesia penutup akhir tahun yang cukup ditunggu pencinta film Indonesia. Film yang di sutradarai Ifa Isfansyah ini kabarnya menjadi Film dengan budget terbesar yang diproduksi Miles Film. Miles Film juga mengklaim ini menjadi film dengan produksi terlama setelah GIE.

Film ini bercerita tentang beberapa perguruan silat dengan pendekar-pendekar yang hebat. Salah satu pendekar yang cukup disegani adalah oleh Cempaka (tokoh yang diperankan Christine Hakim) pemilik Tongkat Emas yang merupakan senjata paling kuat di dunia silat. Cempaka memiliki 4 murid dengan kemampuan bela diri yang sangat tinggi, di usianya yang semakin menua mengharuskan Cempaka untuk mewariskan Tongkat Emas dan Jurus Melingkar bumi kepada salah satu Muridnya. Setelah diwariskannya Tongkat Emas kepada salah satu murid yang dipilih terjadilah perkelahian antara saudara seperguruan untuk memperebutkan tongkat Emas tersebut.

Overall alur cerita film yang mengangkat tema martial arts klasik ini sangat berbeda dengan film-film Indonesia kebanyakan yang memilih tema cinta atau horor. Pengambilan gambar dan adegan actionnya sangat menarik dengan efek yang lumayan keren. Cerita cintapun tidak terlalu banyak porsinya dalam film ini dan menurut saya itu lebih baik agar penonton tidak tergiring terlalu jauh dari inti cerita ini.

Yang Paling membuat saya kagum adalah pemandangan alam Sumba Timur yang sangat terekspos. Selama menonton saya hanya bisa terkagum-kagum sambil bergumam, wah ada loh tempat seindah ini di Indonesia.. keren..

Para Pemeran Film ini juga menunjukkan akting yang sangat bagus. Awalnya saya tidak terlalu punya ekspektasi tinggi untuk adegan action di film ini karena melihat pemerannya seperti Reza Rahardian, Nicholas Saputra, Tara Basro yang walaupun actingnya sangat baik di film-film drama tapi tidak memiliki background bela diri sama sekali. Tapi ternyata setelah menonton film ini saya patut acungkan jempol untuk kemampuan acting pemerannya yang terlihat sangat ahli bermain tongkat. Bahkan aktris Christine Hakim yang usianya tidak muda lagipun terlihat sangat natural saat berlaga dengan tongkatnya. Penduduk setempat yang menjadi pemeran pendukung di film ini Juga berakting sangat natural.

Menurut saya Film Pendekar Tongkat Emas patut untuk ditonton di penghujung tahun 2014 ini.

Penilaian=

Jalan Cerita: 8/10

Acting: 9/10

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *